Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Kopi Sunda Hejo

07.39 Unknown 4 Comments Category :

Jenis kopi ini mulai ditanam pada tahun 1990 di Pangalengan. Awalnya, para petani yang berada di wilayah tersebut berniat untuk menanam sayur-sayuran di sebuah hutan diPangalengan.2 Namun, sebagian hutan disana telah mengarami erosi, ''illegal logging'', dan kebakaran hutan. Akhirnya, Menteri Kehutanan pemerintah Indonesia menganjurkan para petani tersebut untuk menanam biji kopi di hutan umum yang berada di wilayah Bandung.

Saat ini, pusat pendistribusian Sunda Hejo adalah Koperasi Sunda Hejo Rancamanyar kabupaten Bandung. Namun, upaya yang dilakukan mereka berbuah manis. Penyebaran kopi Sunda Hejo tidak hanya mencakup nasional. Namun, Sunda Hejo telah berhasil diekspor sebanyak 100 hingga 200 ton biji kopi ke San Fransisco, Amerika Serikat setiap bulannya. 

Kini, Sunda Hejo sedang dalam proses untuk di ekspor ke wilayah Eropa. Dalam kancah nasional, kopi Sunda Hejo biasa dijual di beberapa ''coffee shop''di Indonesia. Salah satu contoh kedai yang khusus mempromosikan kopi Sunda Hejo adalah kedai ''Klasik Beans Sunda Hejo Coffee'' di Pasar Bunga Kav 6 Tegallega, Jalan Mochamad Toha, Bandung. 4 Tidak hanya demikian, kopi Sunda Hejo sudah mulai bisa ditemukan di ''coffee shop'' lainnya. Dalam kegiatan penanamannya, telah diperluas wilayah pengembangan tanaman kopi di wilayah tengah Kabupaten Garut yang bertopografi dataran tinggi dan pegunungan. Hal itu sesuai dengan ketinggian areal yang dibutuhkan kopi Arabika, sekitar 800-900 meter di atas permukaan laut (dpl). Juga agar hasil produksinya sama bagus karena ditanam pada lahan yang terindikasi geografis sama. Daerah pengembangan budidaya kopi tersebut antara lain wilayah Kecamatan Cisurupan, Samarang, Cikajang, Wanaraja, dan Karang Tengah.

RELATED POSTS

4 komentar

  1. saya tertarik membeli green bean sunda hejo
    saya di surabaya, minimal pembelian berapa kilo ya?
    kontak saya di 081232613631 (firman_ramadhan95@ymail.com

    BalasHapus
  2. mohon bisa dikirimkan detail harga green bean, usmandar jogja
    mayang.usmandar@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  3. Boleh informasikan lebih detil spesifikasi Green Bean Sunda Hejo, saya tertarik untuk kunjung ke wilayah dimana kebun perkopian berada, apakah boleh utk umum dikunjungi? reza@aleshacoffee.com terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk yang mau datang ke klasik beans untuk informasi selanjutnya silahkan hubungi +6281222730734 eko purnomowidi

      Hapus